WHAT'S NEW?
Loading...

Gejala Dan Bahaya Penyakit Radang Panggul Pada Wanita

Gejala Dan Bahaya Penyakit Radang Panggul Pada WanitaPenyakit radang panggul adalah sebuah infeksi yang terjadi pada sistem reproduksi wanita. Kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan dari dokter. Jika tidak segera di atasi, akan berdampak sangat buruk dan memiliki bahaya bagi kesehatan.
 
Penyakit radang panggul merupakan infeksi yang terjadi pada siste, reproduksi wanita, seperti tuba fallopi, rahim, leher rahim dan panggul. Penyakit ini dikenal juga dengan nama pelvic inflammatory disease (PID) yang menjadi kondisi sangat berbahaya bagi kaum wanita.
 
Kondisi ini dapat menyerang wanita berusi 15-24 tahun terlebih bagi mereka yang sudah aktif berhubungan seksual. Sebenarnya, penyakit radang panggul termasuk komplikasi yang terjadi akibat penyakit menular seksual yang tidak ditangani dan diobati dengan benar.
 
Apa Penyebab Penyakit Radang Panggul?
 
Penyebeb utama radang panggul adalah sebuah infeksi menular seksual. Seringkali ditemukan, pada wanita yang menderita penyakit menular seksual, seperti gonore, klamidia dan jenis penyakit menular lainnya akan menyebabkan infeksi yang meluas dan menginfeksi bagian rahim.
 
Sehingga infeksi ini akan terus berkembang dan menyebar pada area kelamin hingga sistem reproduksi wanita bagian atas, seperti panggul. Masih belum diketahui dengan jelas penyebab penyakit radang panggul pada wanita. Namun, beberapa faktor lain yang mengakibatkan terjadinya penyakit menular seksual sering disebabkan oleh:
 
• Aktif berhubungan seks sejak usia dibawah 25 tahun
 
• Berhubungan seks dengan banyak pasangan seks
 
• Berhubungan seks dengan pasangan yang menderita penyakit menular seksual
 
• Sering berganti pasangan seksual
 
• Berhubungan seks tanpa pengaman (kondom)
 
• Memiliki riwayat penyakit yang berkaitan dengan sistem reproduksi bagian atas
 
• Menderita infeksi saluran kemih berulang
 
 
Lalu, Apa Saja Gejala Radang Panggul?
 
Mungkin, sebagian dari wanita tidak memiliki gejala apapun saat menderita radang panggul. Karena, tidak jarang dari mereka yang terinfeksi mengalami komplikasi, karena tidak mengatasi masalah ini sejak awal terinfeksi. Berikut ini beberapa gejala radang panggul yang mungkin Anda derita:
 
1. Sakit pada bagian panggul
 
2. Keluar carain keputihan yang tidak normal
 
3. Sakit yang tidak tertahankan saat menstruasi
 
4. Pendarahan diluar periode menstruasi
 
5. Pendarahan setelah berhubungan seksual
 
6. Periode menstruasi yang tidak teratur
 
7. Demam
 
Mungkin ada beberapa gejala yang mungkin tidak di alami oleh wanita yang menderita radang panggul. Tetapi, jika Anda memiliki salah satu gejala seperti di atas maka segera lakukan pemeriksaan secepatnya dengan dokter ginekologi di Klinik Apollo.
 
 
 
 
Seberapa Umumkah Penyakit Radang Panggul Terjadi?
 
Wanita yang aktif berhubungan seksual secara tidak aman, seperti berhubungan seks dengan banyak pasangan seksual, maka memiliki risiko yang sangat besar untuk menderita penyakit ini. Tidak hanya itu, wanita yang menderita penyakit menular seksual juga sangat mudah untuk terinfeksi radang panggul.
 
Hal ini sering terjadi, karena penyakit menular seksual yang tidak diobati, seperti klamidia dan gonore akan menyebabkan komplikasi salah satunya radang panggul. Karena, penyakit kelamin pada wanita memicu untuk menyebabkan infeksi pada sistem reporduksi bagian atas salah satunya radang panggul.
 
Waspada, Inilah Bahaya Radang Panggul yang Tidak Di Obati
 
Banyak yang tidak menyadari, bahwa radang panggul yang tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan infeksi berulang. Hal ini sering terjadi, akibat infeksi di awal tidak ditangani dengan benar dan menyebabkan bakteri semakin berkembang sehingga sangat berbahaya.
 
Bahaya yang pertama pada radang panggul dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem reproduksi wanita dan memungkinkan terjadinya gangguan kehamilan. Bahaya lainnya, bisa menyebabkan abses pada saluran rahim.
 
Hal yang paling berbahaya, yaitu terjadinya infertilitas atau ketidak suburan. Selain meningkatkan terjadinya gangguan kehamilan, radang panggul juga dapat berakibat pada ketidaksuburan yang mengakibatkan wanita tidak bisa hamil.
 
Tentu hal ini sangat berbahaya, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli ginekologi saat awal mengalami gejala.
 
 
Terinfeksi Radang Panggul? Lakukan Cara Ini Untuk Mengobati Penyakit Radang Panggul
 
Seperti yang kita ketahui sangat banyak obat yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit ini. Tetapi, hal yang harus Anda ketahui bahwa pengobatan yang salah dapat berakibat sangat fatal bagi kesehatan Anda. Maka itu, jika Anda ingin mengobati penyakit ini sebaiknya lakukan dengan dokter yang sudah ahli dan berpengalaman dalam melakukan pengobatan.
 
Anda bisa melakukan pemeriksaan dengan dokter ahli ginekologi di Klinik Apollo. Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Anda dan melakukan beberapa tes untuk mengetahui perkembangan infeksi yang mungkin sudah menyebar ke area kelamin lainnya.
 
Setelah melakukan pemeriksaan, maka dokter akan memberikan Anda beberapa obat untuk mengatasi rasa sakit yang muncul akibat gejala. Dokter juga akan memberikan Anda beberapa antibiotik untuk mencegah perkembangan bakteri.
 
Sebaiknya, Anda menghindari aktivitas seksual selama proses pengobatan sedang berlangsung. Karena, hal ini bisa menjadi salah satu penularan infeksi yang akan memperburuk kondisi Anda.
 
Nah, bagi Anda yang membutuhkan informasi lain mengenai penyakit radang panggul atau Anda jika Anda salah satu penderita penyakit radang panggul, segera konsultasikan keluhan Anda dengan konsultan medis Klinik Apollo melalui layanan konsultasi online gratis di bawah ini atau dengan menghubungi nomor telepon 081233881616

0 komentar:

Posting Komentar