WHAT'S NEW?
Loading...

Apa itu gonore?

Apa itu gonore?Gonore adalah IMS yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Ini adalah masalah yang sangat serius bagi wanita karena dapat merusak organ reproduksi wanita.
Bagaimana Anda mendapatkan gonore?
Gonore tersebar melalui:
  • Seks vagina, oral, atau anal. Gonore dapat menyebar bahkan jika tidak ada gejala. Ini berarti Anda bisa mendapatkan gonore dari seseorang yang tidak memiliki tanda atau gejala.
  • Sentuhan genital. Pria tidak perlu ejakulasi (datang) agar gonore menyebar. Menyentuh cairan yang terinfeksi dari vagina atau penis dan kemudian menyentuh mata Anda dapat menyebabkan infeksi mata. Gonore juga bisa ditularkan antara wanita yang berhubungan seks dengan wanita.
  • Melahirkan dari seorang wanita ke bayinya
Apa saja tanda dan gejala gonore?
Kebanyakan wanita dengan gonore tidak memiliki tanda atau gejala. Jika Anda mendapatkan gejala, mereka sering ringan dan dapat disalahartikan sebagai infeksi kandung kemih atau vagina. Berapa lama gonore akan sembuh? 
Tanda atau gejala gonore bergantung pada tempat Anda terinfeksi pertama kali oleh bakteri gonore.
Tanda dan gejala di area genital dapat meliputi:
  • Nyeri atau terbakar saat buang air kecil
  • Keputihan lebih banyak dari biasanya
  • Keputihan yang terlihat berbeda dari biasanya
  • Pendarahan antar periode
  • Nyeri di panggul atau perut
Tanda dan gejala di bagian tubuh lain termasuk:
  • Rektum atau anus: gatal dubur, keluarnya cairan seperti nanah, darah merah terang pada jaringan toilet, atau buang air besar yang menyakitkan
  • Mata: sakit, gatal, kepekaan terhadap cahaya, keluarnya nanah
  • Tenggorokan: sakit tenggorokan, pembengkakan kelenjar di leher Anda
  • Sendi (seperti lutut Anda): kehangatan, kemerahan, bengkak, atau nyeri saat bergerak
  • Gonore dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, bahkan jika Anda tidak memiliki tanda atau gejala.
Bagaimana gonore didiagnosis?
Ada dua cara yang dokter atau perawat uji untuk gonore:
  1. Tes urin. Ini yang paling umum. Anda buang air kecil (kencing) ke dalam cangkir. Urin Anda kemudian diuji untuk gonore.
  2. Tes usap. Dokter atau perawat Anda menggunakan kapas untuk mengambil sampel cairan dari tempat yang terinfeksi (leher rahim, rektum, atau tenggorokan). Cairan tersebut kemudian diuji untuk gonore.
Bagaimana gonore dirawat?
Dokter atau perawat Anda akan memberi Anda antibiotik untuk mengobati gonore. Antibiotik biasanya adalah pil yang Anda telan.
Meskipun antibiotik dapat menyembuhkan gonore, mereka tidak dapat memperbaiki kerusakan permanen yang terjadi pada tubuh Anda. Karena alasan ini, penting untuk dites dan minum antibiotik sesegera mungkin.
Agar antibiotik dapat bekerja, Anda harus menyelesaikan semua antibiotik yang diberikan dokter kepada Anda, walaupun gejalanya hilang. Jangan berbagi antibiotik untuk gonore dengan siapa pun. Jika gejala tidak hilang setelah perawatan, temui dokter atau perawat Anda. Dimungkinkan untuk mendapatkan gonore lagi jika Anda berhubungan seks dengan seseorang yang menderita gonore. Beri tahu pasangan seks Anda baru-baru ini agar mereka dapat diuji dan diobati.
Apa yang dapat terjadi jika gonore tidak diobati?
Penyakit radang panggul (PID), infeksi organ reproduksi wanita. PID dapat menyebabkan nyeri panggul kronis, masalah kehamilan, dan infertilitas, yang berarti Anda tidak bisa hamil. Gonore yang tidak diobati adalah penyebab umum PID.
Risiko lebih tinggi terkena HIV atau menyebarkan HIV
Meskipun tidak sering terjadi, gonore dapat menyebabkan infeksi yang meluas di bagian tubuh lain, seperti darah, persendian, jantung, atau otak. Ini bisa berujung pada kematian.
Apa yang harus saya lakukan jika saya menderita gonore?
Gonore mudah diobati. Tetapi Anda perlu diuji dan dirawat sesegera mungkin.
Jika Anda menderita gonore:
Temui dokter atau perawat sesegera mungkin. Antibiotik akan mengobati gonore, tetapi tidak akan memperbaiki kerusakan permanen pada organ reproduksi Anda.
Minumlah semua antibiotik. Bahkan jika gejalanya hilang, Anda harus menyelesaikan semua antibiotik.
Beri tahu pasangan seks Anda agar mereka dapat diuji dan diobati. Jika mereka tidak diuji dan dirawat, Anda bisa mendapatkan gonore lagi.
Hindari kontak seksual sampai Anda dan pasangan dirawat dan disembuhkan. Bahkan setelah Anda menyelesaikan antibiotik, Anda bisa mendapatkan gonore lagi jika Anda berhubungan seks dengan seseorang yang menderita gonore.
Temui dokter atau perawat Anda lagi jika Anda memiliki gejala yang tidak hilang dalam beberapa hari setelah menyelesaikan antibiotik.
Jika Mengalami Gonore Konsultasikan Keluhan Anda Pada Klinik Apollo
Klinik Apollo dapat membantu Anda mengatasi penyakit gonore, Klinik Apollo adalah Klinik Spesialis Penyakit Kulit Dan Kelamin. Didukung oleh peralatan medis yang modern serta dokter ahli yang berpengalaman dalam bidangnnya. Anda bisa mendapatkan pelayanan dengan ramah dan privasi terjaga di Klinik kami.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai apa itu gonore atau Anda memiliki pertanyaan lainnya mengenai keluhan yang Anda alami, hubungi hotline kami di nomor 0812-3388-1616.

0 komentar:

Posting Komentar