WHAT'S NEW?
Loading...

Apakah Servisitis Itu? Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

Apakah Servisitis Itu? Bagaimana Cara Menyembuhkannya?
Mungkin masih banyak kaum wanita yang belum mengetahui tentang penyakit berbahaya ini. Tahukah Anda bahwa servisitis merupakan salah satu penyakit atau masalah yang mengganggu organ reproduksi wanita bagian dalam serta menyebabkan kondisi yang sangat membahayakan jika terus dibiarkan?



Apa Itu Servisitis?


Sebenarnya, servisitis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada leher rahim (serviks) dan biasanya kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri.

Biasanya, peradangan ini tidak menimbulkan gejala apapun sehingga banyak wanita yang tidak menyadari keberadaan penyakit ini dan servisitis juga dikenal sebagai kondisi infeksi leher rahim.

Sementara itu, perlu Anda ketahui bahwa serviks merupakan organ reproduksi wanita paling bawah dari rahim yang berfungsi sebagai pintu masuk dari vagina menuju rahim. Banyaknya wanita yang tidak menyadari sedang menderita penyakit ini disebabkan oleh gejala yang sulit untuk diketahui.


Kenali Penyebab Wanita Menderita Servisitis


Banyak wanita yang tidak mengetahui bahwa beberapa faktor yang biasa dilakukan dapat menyebabkan mereka menderita penyakit ini. Biasanya, penyebab utama dari kondisi ini terjadi karena adanya infeksi yang disebabkan oleh penyakit menular seksual (PMS)

Selain itu infeksi yang terjadi dari bakteri yang terjadi karena adanya bakteri, virus, dan jamur sehingga dapat menyebabkan peradangan pada leher rahim wanita.
Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan Pada Wanita

Saat Anda menderita penyakit menular seksual dan virus bahkan bakteri yang menjadi penyebabnya menyebar sehingga menginfeksi leher rahim dan menjadi penyebab Anda menderita servisitis.

Selain itu, perlu Anda catat bahwa ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami kondisi ini diantaranya:

- Sering melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan seks secara berganti-ganti

- Sudah aktif melakukan hubungan intim sejak usia dini

- Memiliki riwayat infeksi menular seksual

- Melakukan hubungan seks dengan pasangan yang menderita penyakit kelamin

Jika Anda melakukan beberapa faktor seperti di atas, tentu saja risiko Anda untuk mengalami gangguan ini sangat besar. Dan sebaiknya hindari segala faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda untuk terinfeksi dan menderita kondisi ini.


Lalu, Apa Saja Gejala Servisitis Pada Wanita?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa peradangan pada leher rahim ini sering tidak menunjukkan gejala apapun. Sehingga, banyak wanita yang tidak menyadari sedang menderita kondisi ini dan sebaiknya Anda mulai mengetahui gejala umum yang akan ditimbulkan oleh gangguan ini, seperti:

- Keluar Cairan Tidak Normal
Biasanya wanita yang menderita kondisi ini akan ditandai dengan keluarnya cairan secara tidak normal dari vagina. Cairan ini biasanya akan keluar dengan perubahan warna serta berbau busuk dan hal ini merupakan salah satu kondisi keputihan yang tidak normal pada wanita.

- Keinginan Untuk Buang Air Kecil yang Meningkat
Gejala selanjutnya yang sering dialami wanita adalah keinginan untuk buang air kecil meningkat, wanita yang menderita kondisi ini biasanya akan mengalami peningkatan keinginan untuk buang air kecil.
Baca Juga: PID Adalah Penyakit Berbahaya Ini Faktanya

- Pendarahan Setelah Berhubungan Seks
Gejala lainnya yang mungkin terjadi adalah wanita akan mengalami pendarahan setelah melakukan hubungan seksual dan biasanya, pendarahan ini akan terjadi diluar masa menstruasi.

- Nyeri Pada Daerah Panggul
Anda juga akan mengalami rasa nyeri yang sangat menyiksa pada area panggul, karena kebanyakan wanita sering mengabaikan rasa nyeri ini dan sebenarnya merupakan kondisi yang sangat berbahaya.
Perlu Anda ketahui, bahwa banyak wanita yang menderita penyakit ini tanpa disertai gejala apapun. Sebaiknya, ketika Anda mengalami salah satu gejala seperti di atas segera lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mencegah terjadinya kondisi yang berbahaya.


Lakukan Cara Ini Untuk Mencegah Servisitis

Diketahui terdapat banyak cara untuk mencegah servisitis dan berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya servisitis:

- Hindari berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan seks

- Hindari pemakaian produk kewanitaan yang mengandung bahan kimia berlebihan dan dapat menyebabkan iritasi pada Miss V maupun iritasi pada serviks

- Hindari berhubungan seks dengan pasangan baru tanpa menggunakan pengaman (kondom)

- Hindari berhubungan seksual dengan pasangan yang menderita penyakit menular seksual

- Segera lakukan pemeriksaan dengan dokter, ketika mengalami gejala yang tidak wajar pada kelamin Anda


Apakah Servisitis Bisa Disembuhkan? Bagaimana Caranya?


Peradangan pada leher rahim ini merupakan kondisi yang sulit untuk diobati dan disembuhkan. Namun, jika Anda mengalami gejala dan segera melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan dengan tepat.

Maka, kondisi ini dapat disembuhkan dan sebaiknya Anda menghindari segala faktor yang dapat menyebabkan Anda mengalami kondisi ini agar sembuh total.

Untuk mengobati masalah seperti ini, cara yang paling tepat adalah dengan mendapatkan penanganan dari dokter dan Anda bisa melakukan pemeriksaan dengan dokter ginekologi dan dokter terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan hasil diagnosa.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Anda melalui cairan yang ada pada area Miss V. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penyebab pasti Anda menderita masalah ini dan memudahkan dokter untuk memberikan pengobatan sesuai dengan kondisi dan tingkat kronis penyakit yang Anda derita.

Jangan pernah melakukan pengobatan dengan sembarangan, karena akan memperparah kondisi Anda dan menyebabkan kondisi yang sangat membahayakan. Apabila Anda ingin melakukan pemeriksaan dan mendapatkan pengobatan untuk masalah ini, segera hubungi Klinik Apollo.


Kenapa Harus Di Klinik Apollo?

Karena, Klinik Apollo merupakan klinik pengobatan yang menangani penyakit kelamin, serta masalah ginekologi dan andrologi dan Klinik Apollo memiliki tenaga medis yang ahli dan berpengalaman.


Selain itu, tindakan pengobatan juga difasilitasi dengan peralatan medis yang canggih dan modern, sehingga pengobatan akan lebih tepat dan cepat.

Sehingga jika Anda merasa memiliki masalah servisitis dan ingin menyembuhkannya atau ingin menanyakan permasalahan ini maka untuk informasi lainnya, silahkan hubungi Dokter Klinik Apollo melalui 081233881616

0 komentar:

Posting Komentar