WHAT'S NEW?
Loading...

Pembesaran Prostat

 Pembesaran Prostat - Prostat adalah kelenjar kecil yang kira-kira seukuran dan bentuk buah kenari. Itu duduk tepat di bawah kandung kemih, di depan rektum. Prostat adalah bagian dari saluran reproduksi pria. Ini menghasilkan cairan yang bergabung dengan sperma untuk membuat semen.
Saat lahir, kelenjar prostat kecil. Ketika kadar testosteron meningkat selama masa pubertas, prostat tumbuh dengan cepat, dua kali lipat pada usia 20. Pertumbuhan melambat selama dua dekade berikutnya dan prostat biasanya tidak menyebabkan masalah selama bertahun-tahun.
Prostat mengelilingi tabung yang membawa urin dari kandung kemih (urethra). Saat pubertas, prostat mengembang secara merata. Namun, pembesaran yang terjadi di paruh kedua kehidupan, terkonsentrasi di bagian kelenjar di sebelah uretra. Saat kelenjar bertambah besar, itu mengganggu aliran urin keluar dari kandung kemih. Itu membuat kandung kemih bekerja lebih keras untuk mengosongkan urin. Seiring waktu, masalahnya memburuk, dan akhirnya tidak semua urin dapat dikosongkan. Dinding kandung kemih juga dapat menebal, yang dapat menyebabkan kejang otot.
>>> Klinik Apollo bagus atau tidak? <<<

Gejala pembesaran prostat
Prostat yang membesar bisa membuat Anda lebih sulit buang air kecil. Tidak semua pria yang mengalami pembesaran prostat mengalami gejala.
Pada awalnya, gejalanya mungkin ringan karena otot kandung kemih mampu mengimbangi tekanan dari prostat yang membesar di uretra.
Gejala dari pembesaran prostat tidak selalu terkait langsung dengan ukuran kelenjar. Banyak pria dengan pembesaran prostat tidak memiliki gejala. Pada pria lain, gejalanya ringan dan memburuk dengan lambat sehingga mereka tidak pernah mengalami masalah serius. Sekitar sepertiga pria dengan pembesaran prostat memiliki gejala yang terus memburuk dan membutuhkan perawatan.
Tekanan prostat pada uretra menyebabkan aliran urin terganggu atau lemah. Gejala lain termasuk:
  • Kesulitan mulai buang air kecil
  • Terus menggiring bola setelah buang air kecil
  • Perasaan bahwa Anda belum sepenuhnya mengosongkan kandung kemih Anda
  • Tingkat keparahan masalah ini tergantung pada seberapa banyak tekanan yang diberikan prostat pada uretra.
  • Kumpulan gejala lain terjadi ketika urin yang terkumpul di kandung kemih menyebabkan iritasi.
Gejala-gejala ini termasuk:
  • Buang air kecil yang menyakitkan
  • Kebutuhan yang sering mengosongkan kandung kemih, terutama di malam hari
  • Perasaan urgensi yang menyertai sensasi buang air kecil
  • Kehilangan kontrol kandung kemih (inkontinensia)
Komplikasi yang berpotensi serius dapat terjadi jika kandung kemih tidak kosong sepenuhnya. Urin yang tidak keluar dari kandung kemih dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri, yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih yang sering. Selain itu, batu kemih dapat terbentuk di lapisan kandung kemih karena akumulasi puing-puing dan bahan kimia. Pembuluh darah yang pecah dapat menyebabkan darah dalam urin, seringkali karena robekan atau pembesaran pembuluh darah di permukaan bagian dalam prostat. Darah dalam urin juga bisa disebabkan oleh peregangan tiba-tiba dari dinding kandung kemih. Jika tidak diobati, urin yang tertahan dalam kandung kemih dapat kembali ke ginjal, yang dapat menyebabkan gagal ginjal seiring waktu.
Diagnosa untuk mengatasi penyakit prostat
Dokter Anda akan mengajukan pertanyaan untuk menilai tingkat keparahan gejala kemih Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan colok dubur untuk merasakan ukuran, bentuk, dan konsistensi kelenjar prostat. Biasanya, sampel urin Anda akan diperiksa darahnya atau ada bukti infeksi.
Kadang-kadang, dokter Anda dapat memesan tes, seperti USG, untuk mengukur jumlah urin dalam kandung kemih Anda, atau sitoskopi, di mana tabung yang menyala dimasukkan melalui penis ke dalam kandung kemih. Tes khusus juga dapat dilakukan untuk mengevaluasi otot dan saraf di kandung kemih, terutama jika Anda mengalami masalah dengan kebocoran urin.

Klinik Apollo dapat membantu Anda mengatasi penyakit prostat, dengan didukung peralatan medis yang modern
Klinik Apollo adalah spesialis penyakit kulit dan kelamin, dengan peralatan medis yang modern dan lengkap. Selain itu pasien yang datang berobat di Klinik Apollo juga ditangani langsung oleh dokter yang berpengalaman dalam bidangnya dan selalu menjaga privasi pasien.
Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pembesaran prostat atau Anda memiliki pertanyaan lainnya silahkan hubungi hotline kami di nomor 0812-3388-1616.

0 komentar:

Posting Komentar